Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Guru Sebagai Evaluator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di SMP Negeri 4 Palu
Nama: NISWANDAH
Tahun: 2020
Abstrak
Niswandah 2020. Peran Guru Sebagai Evaluator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 4 Palu.Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr.Suyuti, M.Pd Permasalahan penelitian ini yaitu: 1.) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan hasil belajar IPS di SMP Negeri 4 Palu ? 2.) faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru dalam pelaksanaan evaluasi ? Tujuan penelitian ini yaitu menguraikan pelaksanaan evaluasi yang dilakukan Guru IPS dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS di SMP Negeri 4 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi yang dilakukan Guru IPS dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS yaitu membuat perencanaan, serta membuat kisi-kisi soal sesuai dengan sub materi yang telah diajarkan kepada peserta didik serta memberikan pre dan pos tes dengan tujuan memperkuat ingatan peserta didik terhadap materi yang telah diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dalam melaksanakan evaluasi harus memiliki kompetensi yang memadai agar evaluasi dapat terlaksana dengan baik dan akan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang akan mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 berdasarkan standar nasional. Hasil penelitian dapat terlihat bahwa Guru IPS SMP Negeri 4 Palu sudah memiliki kompetensi yang cukup memadai dalam pelaksanaan evaluasi. Kata Kunci : Peran, Evaluator, Hasil Belajar dan IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up