Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKemampuan Guru Dalam Mengembangkan Perencanaan Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Dampelas
Nama: TONY AMALI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Tony Amali., 2021, Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Perencanaan Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Dampelas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hasan Permasalahan dalam penelitian yaitu: Bagaimana kemampuan guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran sejarah di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Dampelas?. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Dampelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 1 orang guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh data bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Dampelas telah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun oleh guru sejarah telah memuat seluruh komponen pokok yang diperlukan. Selain itu, terdapat juga kendala dalam pelaksanaannya dikarenakan sarana dan prasarana di lingkungan SMA Negeri 1 Dampelas kurang memadai. Guru sejarah di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Dampelas juga telah menyusun perencanaan pembelajaran dalam hal ini Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup beberapa komponen yaitu: kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media/alat, bahan, dan sumber belajar, serta langkah-langkah pembelajaran. Kata Kunci: Guru, Perencanaan Pembelajaran dan Pembelajaran Sejarah. ABSTRACT Tony Amali, 2022. The Teacher's Ability in Developing History Lesson Plans at XI Grade IIS I SMA Negeri 1 Dampelas. Skripsi. History Education Study Program, Social Science Education Department, Teacher Training, and Education Faculty, Tadulako University. Under the supervision of Hasan. The problems in this research were: how was the teacher's ability to develop history lesson plans at XI grade IIS I SMA Negeri 1 Dampelas? This research aims to find out the teacher's ability in developing history lesson plans at XI grade IIS I SMA Negeri 1 Dampelas. It is qualitative research. The subject of this research was a teacher and a principal. The techniques of data collection were observation, interviews, and documentation; then, the data were analyzed through data reduction, data presentation, and data verification/conclusion. The results indicated that the teacher's ability in developing history lesson plans was very good enough; that was evident from the history teacher's lesson plans, whose contents yielded all of the necessary basic components. Furthermore, there were challenges in implementing it due to insufficient facilities and infrastructure in the school environment. Lesson plan preparation consists of several steps, including learning objectives, learning materials, learning methods, media/tools, materials, and learning resources, and learning steps, core competencies, basic competencies, and competency achievement indicators. Keywords: Teacher, lesson plans, history learning.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up