JudulPengembangan Materi Ajar Berbasis Lingkungan Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 Model Palu |
Nama: MUH. SUPRIADI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Muh Supriadi2020. Pengembangan Materi Ajar Berbasis Lingkungan Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Model Palu.Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini membahas yaitu: 1.) bagaimana pengembangan materi ajar berbasis lingkungan sebagai pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Model Palu ?2.) bagaimana upaya-upaya guru pendidikan IPS dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Model Palu ? Tujuan penelitianini yaitu menjelaskan pengembangan materi ajar berbasis lingkungan sebagai pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Model Palu serta menguraikan upaya-upaya guru pendidikan IPS dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Model Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukandengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 5 Model Palu khususnya pada mata pelajaran IPS dibentuk melalui materi ajar mengenai lingkungan sosial dan lingkungan alamadapun upaya lain yang dilakukan pihak sekolah dalam membentuk karakter siswa yaitu mengikutsertakan siswa pada organisasi-organisasi yang sifatnya dapat menanamkan karakter pada diri siswa tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penanaman karakter pada peserta didik seorang guru juga harus dapat menjadi teladan bagi peserta didiknya. Karakter peserta didik SMP Negeri 5 Model Palu cukup baik yang mana mereka sangat menghargai orang yang lebih dewasa serta dapat bertanggung jawab. Kata Kunci: Materi Ajar, Lingkungan, karakter & Mata Pelajaran IPS |