JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 SIRENJA |
Nama: RITA SELFIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rita Selfiana, 2021. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mahfud M. Gamar. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: pertama: Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja, kedua: Bagaimana persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas oleh guru dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja, ketiga: Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan sumber belajar oleh guru dalam kegiatan pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sirenja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dijadikan dasar untuk membahas masalah penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian dari persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sirenja yang pertama adalah: a) persepsi siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sirenja kurang efektif dikarenakan guru hanya terfokus pada satu metode yaitu metode ceramah, yang mengakibatkan siswa cenderung bosan untuk mengikuti pembelajaran. b) persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Sirenja cukup efektif sebab guru mempersiapkan siswa sebelum memaparkan materi. c) persepsi siswa terhadap penggunaan sumber belajar oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Sirenja kurang efektif sebab guru hanya menggunakan dua sumber belajar yaitu buku dan internet, Karena kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Kata Kunci : Persepsi, metode pembelajaran, pengelolaan kelas, sumber belajar, pembelajaran sejarah |