Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPersepsi Guru Pamon Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL Di SMA Katolik Santo Andreas Palu
Nama: SISILIA TIKU MALLISA
Tahun: 2020
Abstrak
Sisilia Tiku Mallisa. A 311 16 043. Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL di SMA Katolik Santo Andreas Palu. Pembimbing (I) Dr.Suyuti, M.Pd. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL di SMA Katolik Santo Andreas Palu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL di SMA Katolik Santo Andreas Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana jenis penelitian ini menggambarkan dan mendeskripsikan suatu kejadian dilapangan dengan melihat data-data yang didapat dan mencari informasi serta sumber yang dapat dipercaya kebenarannya. Yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah semua guru pamong Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Katolik Santo Andreas Palu yang terdiri dari 12 orang. Yang akan menjadi objek dari penelitian ini adalah persepsi guru pamong mengenai keterampilan dasar mengajar mahasiswa yang melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Katolik Santo Andreas Palu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL di SMA Katolik Santo Andreas Palu sangat positif. Hal itu dapat dilihat dari hasil angket yang dibagikan kepada guru pamong sebayak 12 angket dan masing masing angket tersebut berisi 24 pertanyaan yang dijabarkan dari 8 keterampilan dasar mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi belajar, keterampilan mengelolah kelas, keterampilan memberiakan penguatan, keterampilan membimbing kelompok diskusi kecil, dan keterampialn mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Hasil dari angket tersebut yang menjawab sangat setuju dan setuju lebih dominan dibandingkan dengan yang menjawab ragu-ragu, tidak setuju, serta sangat tidak setuju. Hal tersebut pula diperkuat dari hasil wawancara dengan kelima narasumber yang menunjukkan persepsi yang positif dari guru pamong. Guru pamong akan membrikan persepsi terhadap apa yang mereka lihat dan amati dari praktik mengajar yang dilakukan mahasiswa PPL. Adanya persepsi tersebut menggambarkan penilaian yang diberikan terhadap mahasiswa PPL dan juga sebagai acuan bagi mahasiswa agar lebih meningkatkan keterampilan mengajarnya. Kata Kunci: Persepsi, Guru Pamong, Keterampilan Dasar Mengajar, Mahasiswa PPL

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up