JudulPEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MAN 1 PALUU |
Nama: YULIYANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Yuliyana (2021) A31116036 yang berjudul Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah di MAN 1 Palu, ArtikelProgram Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Misnah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah ? (2) Apa faktor yang mempengaruhi penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pemanfaatan perpustakaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi perpustakaan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan subjek penelitian ini adalah pengelola perpustakaan, guru sejarah, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dikumpulkan secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwapemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah yaitu: (a) Aktivitas siswa dalam memanfaatkan perpustakaan meliputi mencari referensi dan mengerjakan tugas. (b) Aktivitas guru dalam memanfaatkan perpustakaan meliputi mengumpulkan referensi untuk bahan ajar, mengganti suasana belajar dengan belajar di perpustakaan, dan memberi bimbingan kepada siswa jika mengalami kesulitan belajar. (c) Peran guru dalam memanfaatkan perpustakaan meliputi guru bertindak sebagai motivator dan guru bertindak sebagai fasilitator. (2) Faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar: (a) Bahan pustaka yang kurang. (b) Penataan ruang perpustakaan sekolah. (c) Rendahnya minat membaca siswa. (d) Kurangnya motivasi. Kata Kunci : Pemanfaatan, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar, dan Pembelajaran Sejarah |