Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU SEJARAH DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI SMA NEGERI 3 PALU
Nama: DINI AFNIZA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK DINI AFNIZA, 2021, PERAN GURU SEJARAH DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI SMA NEGERI 3 PALU. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pngetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilm Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Haliadi, S.S., M.Hum., Ph.D Artikel hasil penelitian ini bertujuan untuk membahas: (1) peran guru sejarah dalam pembelajaran sejarah lokal di SMA Negeri 3 Palu, (2) pengembangan pembelajaran sejarah lokal di SMA Negeri 3 Palu, dan (3) guru sejarah memiliki peran dalam pembelajaran sejarah lokal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dalam proses pembelajaran sejarah, guru sejarah sudah melakukan perannya dengan baik. Guru sejarah berusaha membangun kesadaran sejarah siswa dengan mengajarkan sejarah lokal Sulawesi Tengah dan mengunjungi situs-situs bersejarah yang berada di lingkungan sekitar siswa, (2) Sejarah lokal terintgrasi dalam mata pelajaran sejarah sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran, guru sejarah menyesuaikan rencana pembelajaran dengan kompetensi dasar yang sudah ditentukan dalam kurikulum. Dalam hal ini, guru sejarah mengumpulkan dan mengolah literatur untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah. Penambahan materi sejarah dengan sejarah lokal terutama dengan memanfaatkan sumber-sumber bersejarah yang berada dekat dengan lingkungan peserta didik, (3) Guru sejarah merupakan salah satu unsur penting yang harus berperan secara aktif dalam pengembangan pembelajaran sejarah lokal. Kata Kunci: Peran, Guru Sejarah, Sejarah Lokal

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up