Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE BELAJAR KELOMPOK KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 5 MODEL PALU
Nama: SARI RESTUFANI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK SARI RESTUFANI, 2021.Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Belajar Kelompok Kelas XI IPS Di SMA Negeri 5 Model Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasan Permasalahan dalam artikel ini yaitu: Bagaimana minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah melalui metode belajar kelompok kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Model Palu? Tujuan Penelitian ini yaitu:Mendiskripsikan minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah melalui metode belajar kelompok kelas XI IPS Di SMA Negeri 5 Model Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Jumlah sampel 15 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)Minat siswa terhadap pembelajaran sejarah dapat dikatakan sudah baik. Hal ini didukung dengan hasil analisis penelitian, siswa yang lebih banyak menyatakan “setuju hingga sangat setuju” siswa sangat termotivasi dalam melakukan diskusi kelompok dimanapembelajaran dengan menggunakan metode belajar kelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan kemauan menjawab pertanyaan atau memberikan pertanyaan terhadap kelompok diskusi lainnya. (2) Teknik yang digunakan guru sejarah di SMA 5 Model Palu sudah baik dalam penerapan pembelajaran berupa diskusi kelompok, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang didapatkan peneliti bahwa siswa termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sejarah di kelas tidak hanya itu siswa juga aktif dalam pembelajaran berupa berani mengemukakan pendapat mereka kepada guru maupun kepada temannya yang bertanya terutama pada proses pembelajaran diskusi kelompok. Dalam proses pembelajaran keaktifan siswa di dalam kelas sangat diperlukan karena dengan aktifnya siswa, akan menghasilkan proses pembelajaran yanng baik dan menarik terutama pada mata pelajaran sejarah. Kata Kunci : Minat belajar siswa, Metode belajar kelompok dan pembelajaran sejarah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up