JudulPERAN GURU IPS TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS VIII DI SMPN 19 PALU |
Nama: NURHASANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurhasana. 2020. Peran Guru IPS Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Hidup Siswa kelas VIII di SMPN 19 PALU. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengatahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Junarti. Permasalahan hasil penelitian yakni : 1) Bagaimana Peran Guru IPS terhadap Sikap Peduli Lingkungan Hidup Siswa? Dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat terhadap sikap peduli lingkungan hidup siswa? Tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan bagaimana Peran Guru IPS terhadap sikap peduli lingkungan hidup siswa dan 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Hidup Siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 19 Palu, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru IPS terhadap sikap peduli lingkungan hidup siswa kelas VIII sudah baik, dengan melakukan kegiatan-kegiatan pengelolaan dan pemeliharan lingkungan hidup serta menjadi contoh yang baik untuk para siswa. Adapun faktor pendukung menurut Bapak Moh. Zaparudin S.Pd sarana-prasarana sudah mencapai 70% untuk menunjang kegiatan peduli lingkungan hidup, selain itu faktor penghambat terhadap sikap peduli lingkungan hidup siswa bahwa masih ada beberapa tenaga pendidik yang belum ikut melakukan kegiatan peduli lingkungan hidup bersama-sama, salah satu faktor penghambat untuk sekarang adalah masa pandemic covid-19 karena segala proses belajar-mengajar dilakukan secara daring dimana siswa/i sementara waktu tidak datang ke Sekolah sehingga kegiatan-kegiatan peduli lingkungan hidup bagi siswa tidak terealisasikan dengan baik. Kata Kunci: Peran, Sikap, dan Peduli Lingkungan. |