Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kinerja Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Sejarah Di Man 1 Palu
Nama: MOHAMMAD ABDI AL AMIN
Tahun: 2020
Abstrak
Mohammad Abdi Al Amin, Stambuk A 311 16 020. Analisis kinerja guru dalam mengevaluasi pembelajaran sejarah di MA Negeri 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako (UNTAD) Palu, pembimbing Dr. Hasan, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu a). Bagaimana tahapan persiapan yang dilakukan oleh guru sejarah dalam menerapkan evaluasi pembelajaran di MAN 1 Palu?, b). Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran sejarah di MAN 1 Palu?, c). Bagaimana cara guru sejarah dalam mengolah hasil evaluasi siswa di MAN 1 Palu?. Tujuan penelitian ini yaitu a). Menggambarkan tahapan persiapan yang dilakukan guru sejarah dalam menerapkan evaluasi pembelajaran di MAN 1 Palu, b). Menggambarkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran sejarah di MAN 1 Palu, c). Untuk mengetahui cara guru sejarah dalam mengolah hasil evaluasi siswa di MAN 1 Palu. Penelitian ini diangkat dari jenis penelitian deskriptif kualitatif dimana populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru sejarah di MA Negeri 1 Palu pada bulan Februari 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil mengenai analisis kinerja guru dalam mengevaluasi pembelajaran sejarah dapat dilihat dari dari ke-3 tahapan persiapan, pelaksanaan maupun pengolahan hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik dilihat dari guru sejarah merumuskan tujuan evaluasi, menyusun kisi-kisi, menyusun kartu soal dan naskah soal, cara pelaksanaan evaluasi maupun cara guru sejarah memberikan nilai kepada siswa. Berdasarkan hal tersebut kinerja seorang guru dalam mengevaluasi pembelajaran sejarah sudah efektif sehingga dapat mengembangkan kualitas siswa dalam pembelajaran sejarah. Kata kunci: Kinerja, evaluasi, dan pembelajaran sejarah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up