Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeranan Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di MAN 1 Palu
Nama: JASRIL FAISAL
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Jasril Faisal, Stambuk A 311 16 019. Peranan Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah di MAN 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. (UNTAD) Palu, Pembimbing H. Juraid. Permasalahan dalam hasil penelitian ini yaitu : bagaimana peranan guru sebagai motivator dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajar sejarah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah menjelaskan bagaimana peranan guru sebagai motivator dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajar sejarah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskritif kualitatif. Dengan sampel berjumlah 25 orang Siswa, yang terdiri atas 9 laki-laki dan 16 Perempuan serta 1 orang guru sejarah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui, observasi,wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Palu sudah efektif, sebagaimana hasil jawaban-jawanban dari responden siswa maupun guru. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa peran guru sebagai motivator dapat meningkatkan keaktifan belajar. Kesimpulannya adalah selalu memberikan motivasi, maka siswa lebih aktif dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci : Motivasi , Peranan Guru dan Pembelajaran Sejarah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up