JudulPengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMA Negeri 1 Ampibabo |
Nama: ADE PUJI LESTARI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Ade Puji Lestari, Stambuk A 311 16 016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Sejarah Pada Siswa SMA Negeri 1 Ampibabo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. (UNTAD) Palu, Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd. Permasalahan penelitian ini yaitu : Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara metode Brainstorming dan metode ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ampibabo? Penelitian iniyaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ampibabo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonrandomizes control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purpose sampling, siswa kelas XI IPS A sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan metode Brainstorming, dan siswa kelas XI IPS B sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar sejarah berupa tes pilihan ganda dan esai. Data instrument tes analisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 23. Kriteria pengujian Pihak kanan pada taraf signifikansi (?) = 0,05 yaitu jika thitung? ttabel diperoleh 6,567 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Brainstorming terhadap hasil belajar Sejarah pada siswa kelas XI IPS A di SMA Negeri 1 ampibabo. Kata Kunci : Brainstorming, hasil belajar Sejarah. |