JudulDISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DARING DI SMAN 6 PALU |
Nama: NUR AFIDAPRATIWI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nur Afidapratiwi. A 311 16 015. Disiplin Siswa Kelas XI IPA 1 dalam Pembelajaran Sejarah Daring Di SMA Negeri 6 Palu. Pembimbing (I) Hasan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1). Bagaimana kedisiplinan siswa mengikuti pembelajaran sejarah daring di SMAN 6 Palu? (2). Apa kendala disiplin siswa mengikuti pembelajaran sejarah daring di SMAN 6 Palu? (3). Bagaimana cara guru meningkatkan disiplin siswa mengikuti mata pelajaran sejarah daring di SMAN 6 PALU? Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk menjelaskan kedisiplinan siswa mengikuti pembelajaran sejarah daring di SMAN 6 Palu (2.) Untuk menjelaskan Kendala disiplin siswa mengikuti pembelajaran sejarah daring di SMAN 6 Palu (3). Untuk menjelaskan cara guru meningkatkan disiplin siswa mengikuti mata pelajaran sejarah daring di SMAN 6 PALU. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa disiplin belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah secara daring di SMA Negeri 6 Palu sudah baik namun masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin dalam pembelajaran daring ini utamanya disiplin waktu dalam pengumpulan tugas. Hal ini dapat dilihat ketika pembelajaran daring masih ada siswa yang tidak tepat waktu menumpulkan tugas yan diberikan oleh guru Sejarah atau guru yang bersangkutan. Alasan dari keterlambatan mengumpulkan tugas karena terkendala dalam hal misalnya pulsa data sehingga wali kelas disini diikutsertakan dalam memantau pembelajaran daring tersebut. Wali kelas dan Guru mata pelajaran yang bersangkutan bekerjasama dalam pemantauan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran sejarah secara daring. Jika ada siswa yang tidak disiplin dalam pembelajaran daring maka guru mata pelajaran yang bersangkutan melapor ke wali kelas masinngmasing. Wali kelas kemudian bertugas untuk menindaklanjuti siswa yang kurang disiplin tersebut. Wali kelas terkadang pula berdiskusi dengan orang tua dari siswa yang kurang disiplin tersebut. Kata Kunci: Disiplin, Pembelajaran Sejarah |