JudulKompetensi Pedagogik Guru Sejarah Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMAN 7 Palu |
Nama: DEWI MASNITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Dewi Masnita. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 7 Palu.Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Suyuti M.Pd Penelitiam ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru sejarah di SMAN 7 Palu. Permasalahan penelitian yakni : 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru sejarah dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Palu? Dan 2) Bagaimana upaya guru mengatasi kendala dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 7 Palu?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk memperoleh data tentang kompetensi pedagogik guru sejarah dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Palu.dan 2) Untuk mengetahui upaya guru mengatasi kendala dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 7 Palu.Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Palu, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data Reduksi data, penyajian data, verivikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian 1)Kompetensi pedagogik guru sejarah diSMAN 7 Palu dalam kurikulum 2013 menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi, komunikasi dengan peserta didik, pengembangan kurikulum dan 2). Kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pelaksaan kurikulum 2013 pada pembalajaran sejarah yaitu proses pembelajaran sejarah dan sarana prasarana. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, guru sejarah, Kurikulum 2013 |