JudulPENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: HERTINA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Hertina. 2020. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Sejarah pada Siswa SMA Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. (UNTAD) Palu, Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd. Rumusan masalah dalam tulisan ini yaitu : (1) Apakah ada pengaruh antara kinerja guru terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa SMA negeri 5 Palu? Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa SMA negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 84 siswa dari 841 populasi siswa SMA negeri 5 Palu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui, penyebaran angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis nilai ?t ?_tabel dengan signifikan untuk kesalahan 5% (?= 0,05) dan (dk= n-2), yakni dk= 84-2= 82, dengan uji data dua pihak adalah 1,664. Sedangkan nilai ?t ?_hitung atau 7,786 > 1,664. Kesimpulannya adalah variabel antara kinerja guru terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa SMA negeri 5 Palu sebesar 7,786 artinya dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kinerja guru (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) sehingga hipotesa alternatif (Ha) penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : Kinerja, guru dan motivasi belajar ? |