Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 PALU
Nama: WILDAWATI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Wildawati ( 2020). Kinerja Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS SMA Negeri 5 Palu,Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1)Dr. Iskandar, M.Hum Hasil penelitian ini membahas tentang, kinerja guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah dikelas X IPS Negeri 5 Palu . Artikel hasil penelitian ini dilakukan melalui observasi awal, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar yang dimiliki siswa. Tindakan yang dilakukan adalalah tindakan kinerja guru dalam meningkat minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah. subjek penelitian ini berjumlah 3 guru sejarah dan 15 orang siswa di Kelas X IPS SMA Negeri 5 Palu. Subjek penelitian adalah sebagai benda, hal atau orang tempat data untuk variable penelitian melekat, dan yang dipermasalahkan. Subjek penelitian mempunyai peran yang sangat strategis karena pada subjek penelitian, itulah data tentang variable yang peneliti amati . Peneliti melakukan penelitian dengan metode penelitian yang digunakan, adalah penelitian kualitatif, yang bersifat deskripstif. yaitu menjelaskan data yang mengutamakan argumentasi verbal, dengan menggunakan tabel seperlunya. untuk data tertentu sesuai dengan yang ditemukan di lapangan, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa guru, dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap Pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri 5 Palu. dengan melaui perencanaan dalam program kegiatan pembelajaran misalnya, guru dalam merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP), sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu Kurkulum 2013, dimana siswa dituntut lebih aktif dari pada guru. dan kinerja guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah cukup baik, terlihat dari pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru yang tetap mempertahankan kondisi kelas agar tetap kondusif dan mengunakan media dan sumber belajar seperti infocus, PPT, dan LCD. Sumber belajar yang digunakan misalnya internet, , buku maupun Jurnal. kemudian guru juga mengunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan drama. Selain itu guru juga selalu mengevaluasi siswa, setiap tiga minggu sekali untuk mengingat kembali, materi-materi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya. Kata Kunci : Kinerja Guru, Minat,dan Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up