JudulKEMAMPUAN GURU MENGEMBANGKAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PALU |
Nama: SITI HARDIANTY. A.S |
Tahun: 2021 |
Abstrak Siti Hardianty Andayani S (2020). Kemampuan Guru Mengembangkan Perencanaan Pembelajaran Sejarah di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palu. Skrisi,Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan IPS, FKIP, Universitas Tadulako, pembimbing Bapak H. Juraid. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Apa kemampuan guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran sejarah di MAN 1 PALU ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran di MAN 1 PALU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah satu orang guru sejarah dan hanya beberapa siswa di MAN 1 Palu. Teknik pengambilan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran Sejarah di MAN 1 Palu sudah sangat bagus hal ini bisa dilihat dengan kreatifitas guru dalam memperoleh dan mengolah materi yang diajarkan. Guru telah mampu mengembangkan materi pelajaran dengan cara menyesuaikan rencana pembelajaran atau RPP dengan Kompetensi Dasar yang sudah ditentukan dalam kurikulum. Pengembangan media pembelajaran juga dilakukan dengan baik oleh guru dengan cara membuat sendiri media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah, yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Guru selalu merencanakan dan melakukan evalusi setiap pokok bahasan. Adapun bentuk evaluasi yang dilakukan adalah dengan memberikan tes tertulis dan lisan kepada siswa yang nantinya hasil evaluasi dijadikan sebagai umpan balik terhadapat pembelajaran berikutnya. kata Kunci: Kemampuan Guru, Perencanaan dan Pembelajaran Sejarah |