Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Torue
Nama: NI LUH SRIASIH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Ni Luh Sriasih, (2020) A31116004 yang berjudul Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas IPS 1 SMA Negeri 1 Torue, Skripsi Program Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Mutawakkil, S.Ag, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Torue?. (2) Bagaimana kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Torue?. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan implementasi model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Torue. (2) menjelaskan kendala-kendala yang di hadapi oleh guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Torue. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode Think Pair Share pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Torue berjalan dengan baik. Langkah awal dalam implementasi model pembelajaran ini adalah tahap Think (berpikir) : memberi sebuah permasalahan kepada siswa kemudian memberikan beberapa waktu untuk berpikir, langkah selanjutnya adalah tahap Pair (berpasangan) : membentuk siswa kedalam kelompok masing-masing terdiri dari dua siswa (teman sebangku), langkah terakhir adalah Share (berbagi) : siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka kedepan kelas. Model pembelajaran Think Pair Share membuat siswa menjadi lebih aktif bertanya dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, selain itu siswa menjadi lebih percaya diri karena mulai terlatih untuk menjelaskan hasil diskusinya di depan kelas. Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran sejarah yaitu (a) Terbatasnya waktu yang menyebabkan guru kesulitan untuk membimbing siswa secara lebih individual, selain itu waktu untuk presentasi di depan kelas memakan waktu lebih yang lebih lama karena kelompok siswa terbentuk lebih banyak. (b) Terdapat pasangan yang pasif, hanya satu orang saja yang mengerjakan tugas jadi mereka bukan berpasangan dalam memecahkan masalah melainkan menyalin jawaban dari pasangannya. (c) Jumlah siswa dalam satu kelas yaitu berjumlah ganjil, sehingga tersisa satu orang yang belum memiliki pasangan. Kata kunci : Pembelajaran, Model dan Think Pair Share

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up