JudulDampak Pendidikan Karakter Siswa Kelas X IPS 1 Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Sindue |
Nama: RIZKI ANANDA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Rizki Ananda, (2020) A311 16 002. Dampak Pendidikan Karakter Siswa Kelas X ips 1 Dalam Proses Pembelajarn Sejarah di SMA Negeri 1 Sindue, Skripsi. Program Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengatahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Bpk. Juraid. Tulisan ini membahas : Bagaimana Dampak Pendidikan Karakter Siswa Kelas X IPS 1 dalam Proses Pembelajran Sejarah Di SMA Negeri 1 Sindue? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Dampak Pendidikan Karakter Siswa kelas X IPS 1 dalam Proses Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sindue. Pendidikan karakter merupakan pondasi dari suatu bangsa. Bangsa yang memiliki karakter kuat, mampu menjadikan dirinya sebagai bangsa yang bermartabat dan segani oleh bangsa-bangsa lain. Penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah sangatlah pantas jika terlaksana dengan baik. Artikel ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mana artikel ini menggambarkan atau mendeskripsikan suatu kejadian dilapangan dengan melihat data-data yang didapat dan mencari informasi serta sumber yang dapat dipercaya kebenarannya. Subjek dari penelitian ini adalah guru sejarah dan 15 orang Siswa Kelas X IPS 1. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh Guru Sejarah di Sekolah tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sudah dikembangkan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter, di antaranya, yaitu sikap jujur, disiplin, toleran, religius, mandiri, kreatif. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah dilaksanakan oleh Guru sejarah dengan cara mengintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, nilai karakter yang muncul yaitu kerjasama, saling menghargai sartu sama lain, cinta tanah air, dan tanggung jawab. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, dan Pembelajaran Sejarah. |