JudulKONTRIBUSI LAWATAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: LARAS REZKYANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Laras Rezkyani, (2020) A31116001 yang berjudul Kontribusi Lawatan Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Palu, Skripsi Program Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Idrus S.Pd., SH., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu? (2) Bagaimana strategi pelaksanaan Lawatan Sejarah di SMA Negeri 4 Palu? (3) Bagaimana kontribusi Lawatan Sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu (2) Menjelaskan mekanisme pelaksanaan Lawatan Sejarah di SMA Negeri 4 Palu (3) Menganalisis kontribusi Lawatan Sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi serta angket yang telah disebar kepada 117 responden peneliti membuktikan bawsa siswa SMA Negeri 4 Palu memiliki motivasi belajar Sejarah, hal ini dibuktikan dengan 64,1% siswa menyatakan senang mengikuti pelajaran sejarah, 39,3% siswa juga menyatakan memiliki motivasi belajar sejarah, bahkan 58,1% siswa menyatakan pentingnya pembelajaran sejarah di sekolah. Hasil analisis data membuktikan bahwa Lawatan Sejarah merupakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, fakta ini dibuktikan dengan 60,6% responden menyatakan setuju, analisis data juga membuktikan bahwa responden lebih termotivasi melakukan Lawatan Sejarah dan menyatakan lebih semangat belajar setelah melakukan Lawatan Sejarah 47% responden menyatakan setuju. Penggunaan pembelajaran Lawatan Sejarah membuat motivasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah yang selama ini digunakan oleh guru sejarah. Hal ini dikarenakan pembelajaran Lawatan Sejarah memadukan kinerja otak kanan dan otak kiri, sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, efisien, menyenangkan, dan dapat berpengaruh terhadap meningkatnnya motivasi belajar sejarah. Oleh karena itu pembelajaran Lawatan Sejarah unggul dalam meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci: Motivasi dan Lawatan Sejarah |