JudulEfektivitas Pola Belajar Mandiri Dalam Memotivasi Siswa Belajar Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Banawa Tengah |
Nama: AGUS SALIM |
Tahun: 2023 |
Abstrak Agus salim, 2022. Efektivitas Pola Belajar Mandiri dalam Memotivasi Siswa Belajar Sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Banawa Tengah, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Charles Kapile Artikel ini memilih Permasalahan dari penelitian Bagaimana pola belajar mandiri yang diterapkan Guru untuk memotivasi Siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Banawa Tengah?, populasi dalam penelitian ini seluruh Siswa kelas X SMA Negeri 1 Banawa Tengah yang berjumlah 129 dengan sampel sebanyak 32 orang Siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola belajar mandiri yang di terapkan oleh Guru untuk memotivasi Siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA 1 Banawa Tengah. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan rumus P = F/N X 100% Pengolahan data dan Angka. Data dikumpulkan kemudian dilakukan analisis hasil angket. Lokasi penelitian ini berada di Desa Mekar Baru Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar mandiri yang dimiliki Siswa bahwa semakin besar peran aktif Siswa dalam belajar mandiri, mengidentifikasi bahwa Siswa tersebut memiliki pola belajar yang tinggi. Maka hasil angket sangat buruk 20% ,buruk 40%,netral 60%,baik 80%,dan sangat baik 100%. Hasil angket yang di bahas menunjukan bahwa dengan di terapkan suatu metode pembelajaran yang berpusat pada Siswa tentang pola belajar mandiri yang dilakukan oleh Siswa baik disekolah maupun dirumah,sudah dapat dilihat dari hasil angket bahwa Siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya dan meningkatkan prestasi pelatihan dengan belajar mandiri yang sekarang populer dengan istilah CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) merupakan pelatihan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan mewajibkan para karyawannya belajar melalui buku-buku/diklat yang sudah di sediakan. Kegagalan pola belajar mandiri yang berakibat menurunnya motivasi belajar Siswa secara individu tidak hanya terjadi disekolah menegah atas (SMA) tertentu, tetapi juga terjadi pada Siswa di SMA lainnya. Hal serupa terjadi pula pada Siswa SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Akibat buruk yang di timbulkan oleh kesalahan belajar mandiri teridentifikasi melalui motivasi Siswa yang menurun. Mengembangkan cara berfikir Siswa agar Siswa termotivasi dalam belajar di kelas, maka proses belajar mengajar menjadi penting untuk di kuasai seorang Guru. Pola belajar mandiri Siswa dapar meningkatkan motivasi belajarnya. Kata Kunci : Belajar Siswa Pola Belajar Mandiri, dan Motivasi. |