JudulKEMAMPUAN GURU SEJARAH DALAM MENERAPKAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MAN 1 PALU |
Nama: YASRUL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Yasrul, (2021). Kemampuan Guru Sejarah Dalam Menerapkan Evaluasi Pembelajaran di MAN 1 Palu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Suyuti. Permasalahan yang diajukan dalam tulisan ini adalah Bagaimana kompetensi guru dalam mengevaluasi pembelajaran sejarah di MAN 1 Palu dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menerapkan evaluasi pembelajaran di MAN 1 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui kemampuanm guru sejarah dalam menerapkan evaluasi pembelajaran di MAN 1 Palu dan Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menerapkan evaluasi pembelajaran di MAN 1 Palu. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Palu Kelurahan Duyu Kecamatan Tatanga dengan jumlah guru sejarah 4 orang dan jumlah siswa kelas x sebanyak 270 orang siswa yang terbagi menjadi 5 bidang studi atau jurusan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa evaluasi pembelajaran siswa MAN 1 Palu cukup baik terhadap mata pelajaran sejarah hal tersebut dapat diketahui dari beberapa siswa yang telah diwawancarai dalam penelitian, Sedangkan faktor yang mempengaruhi evaluasi pembelaran siswa terhadap mata pelajaran sejarah yaitu : 1) faktor pendukung, 2) faktor penghambat. Sedangkan dalam proses evaluasi pembelajaran siswa dapat memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru, hal ini disebabkan oleh upaya yang telah dilakukan guru dalam mengevaluasi siswa dengan menggunakan metode evaluasi pembelajaran yang bervariasi, pemanfaatan media pembelajaran dan suasana kelas yang nyaman. Kata Kunci : Kemampuan, Menerapkan, Evaluasi, Pembelajaran Sejarah |