Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDAMPAK INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MAN 1 PALU
Nama: MARDATULLAH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Mardatullah. (2019) “Dampak Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X IPS pada Mata Pelaran Sejarah di MAN 1 Kota Palu.” Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Syakir Mahid. Latar belakang yang mendasari penelitian ini yaitu, dimana siswa MAN 1 Palu begitu ketergantungan dengan gadjet, media social dan fasilitas internet dalam aktifitas sehari-harinya. Berdasarkan fenomenatersebut, maka diperlukan pengujian untuk mengetahui bagaimana dampak internet terhadap minat belajar siswa di MAN 1 Palu Penelitian ini bertujuan untuk” untuk mengidentifikasi bagaimana dampak internet terhadap minat belajar siswa kelas X IPS pada mata Pelajaran Sejarah di MAN 1 Kota Palu.Metode Penelitian yang digunakan yaitu deskriftif Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 1 Palu yang berjumlah 63 orang. Kelas X IIS 1 berjumlah 30 orang, kelas X IIS 2 berjumlah 33 orang. Teknik analisis data yang digunakan dengan tujuan menjelaskan data yang dijabarkan dalam kalimat dan ditunjang dengan tabel seperlunya sesuai dengan temuan penelitian. Setelah sejumlah data berhasil dikumpulkan, penulis langsung melakukan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian di Man 1 Kota Palu siswa pada saat ini lebih cenderung menyukai belajar menggunakan media internet dari belajar menggunakan media konvensional yang biasanya digunakan dalam pembelajaran dikelas khususnya pembelajaran sejarah. Peran media internet dalam proses pendekatan untuk memberikan pemahaman mengenai satu objek materi dengan menggunakan media internet , bentuk pemahaman dalam satu objek contohnya berupa materi materi ajar yang ada dibuku dapat dtambahkan dengan materi ajar yang didapatkan melalui jaringan internet, sehingga dalam proses belajar mengajar kedua sumber pembelajaran dapat digunakan dan dipadukan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih baik lagi dan lebih konkgkrikyaitu siswa cepat medapatkan informasi yang mereka cari, wawasan mereka lebih luas, semangat belajar lebih tinggi, dan tentunya sebagai perpustaakn eletronik .Adapun dapak positif internet meningkat prestasi belajar siswa,wawasan menjadi luas. Adapun dampak Negatif internet terhadap minat belajar siswa yaitu siswa jarang ke perpustakaan Membaca Buku, lebih mengandalkan internet, Tentunya sasaran Mata siswa karena sering didepan layar dan tentunya Guru harus memperhatikan siswa agar tidak terlalu kecanduan dengan media internet. Kata Kunci : Internet, Minat Belajar, Sejarah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up