JudulKREATIVITAS MENGAJAR GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 2 SIGI |
Nama: YATMIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Yatmin, (2021), Kreativitas Mengajar Guru Sejarah di SMA Negeri 2 Sigi, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Charles Kapile. Permasalahan yang dikaji dalam artikel ini yaitu Bagaimana Kreativitas Guru Mempersiapkan Pembelajaran dan Bagaimana Kreativitas Guru Melaksanakan Pembelajaran. Adapun tujuan penulis artikel ini menjelaskan kreativitas guru mempersiapkan pembelajaran dan menjelaskan kreativitas guru melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 orang Guru Sejarah, Kepala Sekolah selaku informan kunci, dan 10 orang Siswa kelas X11 IPS 1. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Metode pengambilan data ini dilakukan yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dengan melakukan 3 tahap yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan Verivikasi data. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sigi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru Sejarah menggunakan metode Pembelajaran yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi dan tanya jawab yang bervariasi sesuai dengan materi yang diajarkanpadahariitu. Guru yang kreatif bukan hanya kreatif dalam penggunaan metode maupun media pembelajaran, namun guru yang kreatif yaitu ketika siswa mampu membuat siswa dapat memahami materi pelajaran sehingga akan menambah ilmu pengetahuan dan juga meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut. Setiap guru harus memiliki kreativitas dalam mengajar. Kata Kunci : Guru, Kreativitas dan Pembelajaran Sejarah. |