JudulHUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MAN 1 PALU |
Nama: ROSELA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Rosela (2019) Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di MAN 1 Palu. Skripsi Penelitian Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Tadulako. Pembimbing Suyuti. Permasalahan dalam artikel ini adalah 1) Apakah ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar sejarah pada siswa di MAN 1 Palu ? 2) Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Palu ? 3) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Palu ? Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Observasi, 2) Angket, 3) Tes hasil belajar, teknik analasis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, analaisi inferesial dan interpretasi koefisisen korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah. Minat belajar siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa MAN 1 Palu. Dapat dilihat dari korelasi yang kuat antara hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa. Ini dapat dilihat dari hasil yang didapatkan yakni 0,608. Bahwa siswa tidak berminat untuk mempelajarai sesuatu maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal. Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil, dan Mata Pelajaran Sejarah |