JudulHUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BALAESANG |
Nama: MASRIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Masriani, (2022). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Balaesang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Suyuti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan ada tidaknya hubungan positif status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan jumlah 170 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner untuk memperoleh data tentang frekuensi status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, dan teknik korelasi Product moment pada taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil persentase secara deskripsi telah diperoleh 0% orang tua yang memiliki status sosial ekonomi yang sangat baik, 43,53% orang tua memiliki status sosial ekonomi baik, 56,47% orang tua memiliki status sosial ekonomi tidak baik, dan 0% orang tua memiliki status sosial ekonomi baik, 56,47% orang tua memiliki status sosial sangat tidak baik. Selanjutnya, 0% siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 21,76% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, 78,42% siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, 0% siswa yang memiliki motivasi belajar yang sangat rendah. Berdasarkan hasil korelasi product moment bahwa ada hubungan yang positif antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Balaesang Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar |