Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Layanan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Sebagai Di Smk N 1 Palu
Nama: Ni Made Julnia
Tahun: 2019
Abstrak
Julnia, Ni Made. 2019. Efektivitas Layanan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Palu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing Nuraedah. Permasalahan yang diangkat penulis adalah bagaimana efektivitas layanan perpustakaan, bagaimana langkah-langkah pemanfaatan layanan perpustakaan, serta bagaimana perubahan perilaku siswa pasca pemanfaatan layanan perpustakaan. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan efektivitas layanan di perpustakaan sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Mengidentifikasi langkah-langkah dalam pemanfaatan layanan di perpustakaan, serta menjelaskan perubahan perilaku siswa pasca pemanfaatan layananan perpustakaan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Palu Kelurahan Lolu Selatan Kecamatan Palu Timur dengan guru sejarah berjumlah 2 orang, kepala perpustakaan berjumlah 1 orang, siswa kelas X Tata Boga 2 sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Angket dan 4) Dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa efektivitas layanan perpustakaan di SMK Negeri 1 Palu masih belum maksimal dilihat dari hasil angket yang disebar yaitu dari 10 angket, 7 angket memilih kurang maksimal, 2 angket cukup maksimal dan sisanya maksimal. Hasil wawancara menyatakan sistem pelayanan di perpustakaan belum sistematis. Mengenai langkah-langkah siswa dalam memanfaatkan layanan perpustakaan sudah optimal dilihat dari hasil angket yaitu dari 8 angket yang disebar, 3 angket menunjukkan sangat maksimal, 4 angket menunjukkan maksimal dan sisanya cukup maksimal. Sementara hasil wawancara yaitu koleksi buku sudah lengkap dan siswa mudah menemukan bahan pustaka, hanya fasilitas yang diberikan di perpustakaan belum memadai seperti pendingin ruangan dan luas ruangan. Perubahan perilaku siswa pasca pemanfaatan layanan perpustakaan ada beberapa indikator, yaitu: peningkatan minat baca dan kemandirian belajar, acuh tak acuh dan kemudahan mengakses perpustakaan digital. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan perpustakaan, dan Pelajaran Sejarah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up