Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 9 PALU
Nama: INDRIANI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Indri Yani. 2022. Meningkatkan perilaku asertif siswa melalui diskusi kelompok pada mata pelajaran sejarah di kelas xi iis 2 sma negeri 9 palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Iskandar (Pembimbing) Skripsi ini bertujuan membahas (1) apakah dengan metode diskusi guru dapat meningkatkan perilaku asertif siswa? (2) apakah siswa menerima pembelajaran melalui diskusi kelompok? (3) upaya-upaya apa saja dalam meningkatkan perilaku asertif siswa?. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah kelas XI IIS 2, siswa kelas XI IIS 2. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah (a). Dengan penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran sejarah sangat baik karena pembelajaran sangat aktif lagi antara siswa bertukar pikiran dari yang didiskusikan yang membuat siswa dalam menyampaikan pendapatnya karena metode diskusi ini mampu meningkatkan perilaku asertif siswa. (b) siswa menyukai diskusi dengan diskusi pembelajaran sejarah lebih menarik dan pembahasannya lebih mendalam ketimbang menggunakan metode ceramah, serta dalam metode diskusi merupakan metode yang disukai siswa yang dimana siswa dapat bertukar pikiran dan mengeluarkan pendapat dan juga siswa mudah memahami materi yang didiskusikan. (c) dalam proses pembelajaran siswa sangat perlu diberikan dorongan agar mereka berperilaku asertif dalam melakukan pembelajaran sejarah yang aktif terutama dalam menyampaikan pendapatnya. Ada beberapa cara guru dalam meningkatkan perilaku asertif siswa yaitu, memberikan pujian salah satu cara yang dapat dilakkukan terhadap siswa sebagai bentuk bantuan positif. Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Perilaku Asertif ABSTRACT Indri Yani. 2022. Improving Students' Assertive Behavior through Group Discussions Method on History Subjects in Class XI-IIS-2 at SMA Negeri 9 Palu. Skripsi. History Education Study Program, Social Science Education Department, Teacher Training, and Education Faculty, Tadulako University. Under the supervision of Iskandar This research examines (1) can the Group Discussion Method improves students' assertive behaviors. (2) Do students gain knowledge from Group Discussions Method? (3) What efforts are made to improve students' assertive behaviors? The research subjects were students of class XI-IIS-2 and a history teacher. The researcher collected data through documentation, interviews, and observation that yielded qualitative data. The research findings indicated that (a)Group discussion Methods for teaching and studying historical content are beneficial because they encourage students to actively participate in the learning process by discussing thoughts and perspectives on the material covered in class. (b) students prefer the discussion method because it allows for more free expression of ideas and a deeper dive into the subject matter than in a lecture setting. It fosters greater collaboration and a deeper understanding of course content. (c) It's crucial to inspire confidence in students throughout instruction so that they take an active role in learning about history, notably voicing their thoughts. Among the many suitable methods a teacher can use to support students, encouraging them has increased students' assertiveness. Keywords: Group Discussion Method, students’ assertive behavior

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up