JudulEFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MOVING CLASS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MODEL DAMPAL SELATAN |
Nama: HERAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Herawati, No Stambuk A 311 15 102 ”Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Moving Class pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan” Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Hasan M.Hum. Hasil penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan. Adapun rumusan masalah dalam hasil penelitian ini adalah : (1) Apakah strategi pembelajaran moving class dapat mengatasi masalah kejenuhan siswa dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 34 orang dengan jumlah guru Sejarah 1 orang Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran moving class di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan dapat mengefektifkan cara belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, dan strategi moving class ini juga sangat efektif dalam mengatasi masalah kejenuhan yang dialami siswa pada saat pembelajaran sejarah hal ini dapat dilihat dari hasil dan pembahasan mulai dari data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang semuanya menunjukkan hasil yang positif dalam menerapakan strategi pembelajaran moving class. Pada data observasi dari kelas XI terdapat empat aspek yang diamati yaitu kesiapan belajar siswa dalam menerima pelajaran, dan kedisiplinan siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menunjukkan hasil yang sangat baik. Kata Kunci. Strategi, Pembelajaran dan moving class. |