JudulHUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 WITA PONDA KECAMATAN WITA PONDA KABUPATEN MOROWALI |
Nama: FATMAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Fatmawati, (2022), Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Wita Ponda Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing. Dr.Suyuti,M.Pd Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara peran orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Wita Ponda Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Pendekatan korelasional. Teknik penentuan sampel dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Jadi jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 43 siswa. Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa angket terdiri dari 15 pernyataan untuk siswa yang telah dilengkapi dengan jawaban selalu (SL), sering (SR), kadang-kadang (KD), dan tidak pernah (TP) dan wawancara Pedoman wawancara yang digunakan adalah pedoman terstruktur. Dengan mewawancarai guru mata pelajaran, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Hasil penelitian diperoleh pada hasil perhitungan uji korelasi sederhana menunjukkan , Dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran orang tua dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips di SMP Negeri 2 Wita Ponda Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali. Nilai Pearson correlation 0.722 bernilai positif, artinya bahwa peran orang tua burhubungan secara positif terhadap hasil belajar siswa. |