JudulPENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA SMA KARUNA DIPA PALU |
Nama: MOH. RUSIADI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Moh. Rusiadi 2019. Pengaruh Penerapan Metode Pemberian Tugas (RESITASI) terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa SMA Karuna Dipa Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Suyuti. Permasalahan dalam penelitin ini yaitu apakah ada perbedaan minat belajar sejarah antara siswa yang diberikan metode pemberian tugas (Resitasi) dengan siswa yang diberikan metode cermah bervariasi di SMA Karuna Dipa Palu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat belajar sejarah terhadap siswa yang diberikan metode pemberian tugas (Resitasi) dengan siswa yang diberikan metode ceramah bervariasi di SMA Karuna Dipa Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif quasi experimental design. Pengambilan sampel jumlah sampel sebanyak 44 dari populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Sesuai hasil penelitian guna meneliti data pengaruh penerapan metode pemberian tugas (Resitasi) terhadap minat belajar sejarah melalui penyebaran angket setelah diberikan perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah perhitungan statistik deskriftif dan uji t, hasil yang diperoleh bahwa pengaruh penerapan metode pemberian tugas skor rata-ratanya lebih tinggi yaitu 129,67 dengan jumlah sampel 21 siswa ketimbang metode ceramah bervariasi yang dimana hanya memiliki rata-rata 117,52 dengan jumlah sampel 23 siswa, kemudian setelah dilakukan uji hipotesi maka Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa nilai signifikansi atau p-value 0,011 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian hipotesis penelitian ini berbunyi “Ada perbedaan minat belajar sejarah terhadap siswa yang diberikan metode pemberian tugas dengas siswa yang diberikan metode ceramah bervariasi di kelas X Ipa 1 SMA Karuna Dipa Palu. Ternyata “diterima”. Berarti penerapan metode pemberian tugas (Resitasi) signifikan atau berpengaruh terhadap minat belajar sejarah siswa. Kata kunci : Metode Pemberian Tugas (Resitasi), minat belajar |