JudulPERAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI BALAESANG |
Nama: MURDIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Murdiani, (2020). Peranan Wali Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Balaesang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Charles Kapile, M.Hum. Permasalahan yang diajukan dalam tulisan ini adalah adalah 1. Bagaimana peranan Wali Kelas dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. 2. Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan Wali Kelas dalam meningkatkan kualitas belajar Siswa di SMA Negeri 1 Balaesang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peranan Wali Kelas, dan mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan Wali Kelas dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Balaesang, jalan Khaji Mahmud Desa Tambu, Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Dengan 1 orang Wali Kelas XI IIS 2. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu: 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa peranan Wali Kelas di SMA Negeri 1 Balaesang senentiasa dalam hal ini menerima saran atau kritikan, dan memberikan kesetiaan untuk mendorong Wali Kelas agar dapat melaksanakan tugasnya dengan efektif, dalam hal ini sangat mempengaruhi kedisiplinan Wali Kelas dan Kepala Sekolah mampu melaksanakan perannya dalam meningkatkan kedisiplinan Wali Kelas dengan disiplin waktu, disiplin administratif dan disiplin moral. Kata kunci: kedisiplinan guru, Kepala Sekolah, dan kepemimpinan. |