Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 2 PALU
Nama: NURJANNAH
Tahun: 2019
Abstrak
Nurjannah (2019). Mengimplementasikan Nilai-nilai Nasionalisme melalui proses pembelajaran sejarah kelas XI Ips 3 di SMA Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nuraedah. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi dan aktivitas guru sejarah dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah kelas XI Ips 3 di SMA Negeri 2. Penelitian ini dilalukan melalui observasi awal, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki siswa. Tindakan yang dilakukan adalah tindakan proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil observasi guru memperoleh hasil akhir sebesar 3,6 (baik). Hasil observasi siswa memperoleh hasil akhir sebesar 2,9 (cukup baik). Penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru dan strategi guru sejarah dalam penanaman nilai-nilai nasioanalisme melalui pembelajaran sejarah kelas XI Ips 3 di SMA Negeri 2 Palu penerapannya telah terlaksana dengan baik, dengan terwujudnya nilai-nilai nasionalisme yang tampak diserap oleh siswa adalah toleransi, kerjasama, saling menghormati, kebebasan berpendapat, dan kepercayaan diri di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Implementasi, Metode pembelajaran, Nilai-nilai nasionalisme

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up