JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 1 DI SMA NEGERI 2 TOLITOLI |
Nama: MOH. SYARIF |
Tahun: 2019 |
Abstrak Moh. Syarif (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Tolitoli, Hasil, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Suyuti. Penelitian ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Tolitoli. Permasalahan pada penelitian ini yaitu ditemukan masih banyak siswa yang keluar masuk kelas pada saat pembelajaran sedang berlangsung, yang dimana kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, ditemukan siswa yang cenderung bercerita di dalam kelas ketika guru sedang menjelaskan materi atau menulis dipapan tulis, dan sebagian besar siswa kurang termotivasi untuk belajar. Adapun Tujuan Penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Tolitoli. Tindakan yang dilakukan yaitu tindakan pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran Inkuiri. Jumlah siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Tolitoli berjumlah 29 orang. Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada tes awal atau tes pratindakan pembelajaran diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,1% yang terdiri dari 29 siswa, dengan daya serap klasikal 68,7%. Hasil yang diperoleh dari tes pra tindakan menunjukkan bahwa perlu adanya penelitian untuk mengubah hasil belajar siswa. Pada tes akhir siklus I diperolah hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,4%, dengan daya serap klasikal 76,3%. Sedangkan hasil tes akhir siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang baik seperti ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,2%, dengan daya serap klasikal 80,1%. Dengan ini bahwa hasil belajar siswa menujukkan adanya peningkatan yang baik dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Inkuiri |