Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulGAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 1 AMPIBABO
Nama: NITA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Nita, 2020. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sejarah Di SMA Negeri 1 Ampibabo. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Iskandar M. Hum dan Pembimbing II Dr. Mahfud, M. Gamar, M. Pd Artikel ini membahas permasalahan bagaimana gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Ampibabo?, bagaimana penerapan gaya kepemimpianan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru sejarah di SMA Negeri 1 Ampibabo?, Adapun tujuan penulis artikel ini mendeskripsikan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Ampibabo, dan menganalisis penerapan gaya kepemimpianan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru sejarah di SMA Negeri 1 Ampibabo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Sejarah, Kepala Sekolah dan Siswa kelas X IPS 1. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data ini dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ampibabo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Ampibabo adalah gaya kepemimpinan demokrasi dan gaya kepemimpinan kendali bebas. Hal ini disebabkan Kepala Sekolah senentiasa menerima saran atau kritikan, komunikasi dan memberikan kesetiaan untuk mendorong bawahannya, dan gaya kepemimpinan kendali bebas Kepala Sekolah memberikan kebebasan kepada anggota dan kelompok yang dipimpinnya untuk membuat suatu keputusan dan menyelasaikan perkerjaan dengan cara yang sesuai menurut anggota atau kelompok itu sendiri. Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru sejarah di SMA Negeri 1 Ampibabo memiliki gaya efektif hal ini sangat mempengaruhi kedisiplinan guru karena Kepala Sekolah mampu melaksanakan perannya dalam meningkatkan kedisiplinan guru sejarah dengan disiplin waktu, disiplin administratif dan disiplin moral. Kata kunci: kedisiplinan Guru, Kepala Sekolah, dan kepemimpinan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up