JudulSTUDI TENTANG KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 PETASIA |
Nama: ANITA FITRA SANE |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Anita Fitra Sane (2019). Studi Tentang Kemampuan Komunikasi Guru Sejarah dalam Meningkatkan Perhatian Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Petasia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nuraedah. Tujuan Penelitian untuk mengidentifikasi kemampuan komunikasi guru Sejarah secara verbal dan non verbal dalam meningkatkan perhatian belajar siswa, mengetahui upaya yang dilakukan guru Sejarah dalam meningkatkan perhatian belajar siswa. Subjek Penelitian 2 orang guru Sejarah dan 21 siswa kelas X orang yang terdistribusi masing-masing 3 orang perwakilan kelas (7 kelas). Data dihimpun melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi serta dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi guru Sejarah secara verbal dan non verbal sudah cukup baik. Hal itu tampak dari kelancaran guru Sejarah menyajikan materi pelajaran, mengkondisikan kelas, penggunaan bahasa yang mudah dipahami siswa, kesungguhan dalam pembelajaran, penguasaan materi yang baik serta mampu menunjukkan ekspresi wajah dan kotak mata dalam pembelajaran. Upaya ysng dilakukan guru Sejarah adalah menegur siswa, menunjuk siswa bertanya, membuat kontrak belajar, merubah suasana kelas menjadi menyenangkan dengan menerapkan yel-yel lagu, memberikan pujian dan penilaian kepada siswa berpasitipatif. Kata kunci : Kemampuan komunikasi guru Sejarah, Perhatian belajar siswa ? |