JudulPERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DONDO |
Nama: SULASTRI H.CHALIQ |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Sulastri H.Chaliq (2020) A 311 15 069 yang berjudul “Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Dondo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mahfud M. Gamar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dondo?. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dondo. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Data dihimpun melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Dondo yaitu diantaranya yaitu sebagai media informasi, sebagai tempat refreshing (Hiburan), membantu penyelesaian tugas para siswa serta salah satu sumber bekajar siswa. Adapun upaya guru dalam memotivasi siswa agar mau mendayagunakan perpustakaan dengan cara yaitu: 1) Memberikan tugas kelompok kecil siswa untuk melakukan penelitian sederhana dalam ruang lingkup pokok bahasan tertentu. 2) Memberikan contoh kepada siswa dalam mengunjungi dan memanfaatkan perpustakaan. 3) Menggunakan metode yang dapat merangsang siswa dalam memanfaatkan sarana perpustakaan. 4) Memberikan tugas kepada siswa untuk menilai buku yang dibaca. 5) Mengadakan kerjasama dengan petugas perpustakaan. Faktor pendukung untuk pengelolaan perpustakaan SMA Negeri 1 Dondo menjadi lebih efektif dan efisien adalah sebagai berikut: 1) Peran Kepala sekolah dalam mewujudkan situasi kondusif; 2) Kejasama yang solid antara tenaga pustakawan dengan kepala sekolah, guru dan siswa akan mengoptimalkan fungsi dan peran perpustakaan dalam kegiatan belajar mengajar; 3) Bantuan dari pihak luar sekolah yaitu komite sekolah dan orang tua siswa berupa donasi buku maupun fasilitas pendukung media pembelajaran juga dapat menambah fasilitas perpustakaan sekolah. Hambatan-hambatan dari pelaksanaan perpustakaan di SMA Negeri 1 Dondo yaitu sebagai berikut: 1) Kurang diperhatikannya tentang fungsifungsi perpustakaan bagi Sekolah; 2) Kurangnya sumber daya manusia yang handal dalam pengelolaan perpustakaaan Sekolah Dasar; dan 3) Kurang diperhatikannya komponen-komponen perpustakaan sebagai penunjang pelajaran siswa. Kata kunci : Perpustakaan Sekolah, Motivasi, dan Pembelajaran Sejarah |