JudulPengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMPN 2 Soyo Jaya |
Nama: LISDAYANTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Lisda yanti. 2020. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil BelajarIPS Siswa SMP Negeri 2 Soyo Jaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah,Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Suyuti. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu “Apakah ada pengaruhkompetensi profesional guru terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 SoyoJaya?”. Permasalahan tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensiprofesional guru terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Soyo Jaya. Jenispenelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriftif korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 2 Soyo Jayayang berjumlah 140 orang, sedangkan sampel berjumlah 30 orang. Teknikpengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, tes soal dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. ujihipotesis yang digunaka pada penelitian ini adalah uji t. Hasil perhitungan Poductmoment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,422 atau 42,2%. Apabila mengacupada interpretasi korelasi, maka koefisien korelasi masuk pada kategori 0,400 -0,599 (cukup kuat). Untuk mengetahui nilai yang diperoleh melalui koefisienkorelasi ada artinya atau tidak maka dilakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan Uji tdiketahui lebih besar dari atau 2,688 > 1,690 makakorelasi yang terjadi memiliki arti ( ditolak dan diterima). Jadi dalampenelitian ini, Ada pengaruh Kompetensi Professional Guru terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Soyo Jaya. Kata Kunci: Kompetensi, Profesional dan Hasil Belajar |