Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BULAGI SELATAN
Nama: HERDI H. SIBBUL
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK HERDI H. SIBBUL. “Pengaruh Intelegensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 BulagiSeatan”.Skripsi. Pendidikan Sejarah. FKIP, UniversitasTadulako. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulagi Selatan tahun ajaran 2018/2019, (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulagi Selatan tahun ajaran 2018/2019, (3) ada tidaknya pengaruh intelegensi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulagi Selatan tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bulagi Selatan, berjumlah 45 siswa berdasarkan tabel penentuan jumlah sampelyang dikembangkan oleh Isaac dan Michael maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan taraf kesalahan 5?alah 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan program komputer Microsoft Office Excel 2007. Hasil analisis deskriptif, menunjukkan bahwa intelegensi pada kategori cukup(cerdas) sebanyak 40%., motivasi belajar siswa termasuk pada kategori cukup yakni sebanyak 85%,dan prestasi belajar siswa berada pada kategori baik sebanyak 52.5%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel intelegensi secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa (korelasi, rx1y = 0.655 tingkat hubugan kuat.; signifikansi, thitung = 5,354 sedangkan ttabel =2,021jadi t hitung > t tabel dapat dikatakan signifikan). (2) variabel motivasi belajar siswa secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa(korelasi rx2y = 0.533tingkat hubugan sedang; signifikansi, thitung = 3,883sedangkan ttabel = 2,021jadi t hitung > t tabel dapat dikatakan signifikan). Hasil analisis korelasiganda diperoleh koefisien(korelasi gandaR=0,669tingkat hubugan kuat,dengan signifikansi Fhitung =15,03 > Ftabel = 3,25 dapat dikatakan signifikan. Kata kunci : Intelegensi, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up