JudulPERANAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TINOMBO |
Nama: DAULINA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Daulina (2021) Peranan Lingkungan Keluarga Terhadap peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Sejarah Kelas XI IPSDi SMA Negeri 1 Tinombo. Skripsi Penelitian Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Tadulako. Pembimbing I Bpk H Juraid dan Pembing II Ibu Nuraedah. Penelitian ini membahas bagaimana Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tinombo, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tinombo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru IPS, Kepalah Sekolah, dan 5 orang tua siswa SMA Negeri 1 Tinombo. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Cara pengambilan data ini dilakukan dengan cara: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan melakukan data dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pentingnya peranan lingkungar keluarga terhadap hasil belajar anak. 2) Hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tinombo sudah cukup bagus, hal ini demikian ditunjukkan dari respon seorang siswa seperti dengan perasaan, keterlibatan seorang. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar Siswa. |