JudulKeterampilan Mengajar Guru Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 4 Di SMA Negeri 2 Palu |
Nama: MOH.SAUQI RENALDI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Sauqi (2019). Keterampilan Mengajar Guru melalui metode Diskusi pada mata pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 4 Di SMA Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1)Dra Hj. Junarti, M. Hum Penelitian ini membahas tentang Keterampilan guru meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah melalui metode diskusi di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini di lakukan melalui observasi awal, di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki siswa. Tindakan yang dilakukan adalah tindakan pembelajaran sejarah melalui metode diskusi. Jumlah sampel siswa XI IPS 4 SMA Negeri 2 Palu berjumlah 35 orang siswa dari 140 siswa yang menjadi populasi. Peneliti melakukan penelitian dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskripstif yaitu menjelaskan data yang mengutamakan argumentasi verbal dengan menggunakan tabel seperlunya untuk data tertentu sesuai dengan yang ditemukan di lapangan, dengan menggunakan metode observasi, angket dan wawancara. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa guru dapat memotivasi siswa dan melalui metode diskusi yang telah terlaksana dengan baik, siswa aktif mengemukakan pendapat dan tidak mengharapkan teman sekelompoknya untuk menjawab pertanyaan dari kelompok lain. Penggunaan metode diskusi di SMA Negeri 2 Palu khususnya Kelas XI IPS 4 harus diterapkan di Setiap pembelajaran di kelas agar keaktifan siswa mengeluarkan argumen dan termotivasi dalam proses pembelajaran semakin meningkat dan mampu berperan dalam setiap pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Metode Diskusi |