Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu
Nama: FADIL ASWADI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Fadil Aswadi, 2019 Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Mahfud M. Gamar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis, dan M.C. Taggart dengan menerapkan 4 komponen dan dua siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara serta dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu dengan mengikuti fase-fase yaitu : (1) menyajikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) mengontrol jalannya diskusi, (3) membimbing siswa dalam diskusi dan Tanya jawab, (4) memberikan penghargaan, (5) memberikan tugas akhir. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 61,09?n siklus II sebesar 85,71%. Dibandingkan dengan hasil pemberian tes pra tindakan, tes akhir siklus I dan siklus II menunjukkan sebagian besar sudah memahami dengan baik materi tersebut, sehingga dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu. Kata Kunci : Strategi, jigsaw, hasil belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up