JudulPengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa SMA Negeri 4 Poso |
Nama: FATNUR INAYAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Fatnur Inayah, 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada siswa SMA Negeri 4 Poso. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Poso, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar sejarah siswa SMA Negeri 4 Poso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Poso, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 55?ri populasi sebanyak 169 siswa yaitu 93 orang siswa. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling. Data lingkungan sekolah dan minat belajar diperoleh dari penyebaran angket. Untuk menganalisis data tersebut digunakan perhitungan korelasi product moment pearson dan untuk mengetahui pengaruhnya menggunakan perhitungan koefisien derterminasi (KD). Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment pearson ini pada variabel lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 4 Poso diperoleh korelasi sebesar 0,420. Hasil dari koefisien korelasi di atas berada pada kategori 0,40-0,599, hal ini menujukkan bahwa tingkat pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar sejarah pada siswa di SMA Negeri 4 Poso adalah sedang. Untuk mengetahui pengaruhnya dilihat dari hasil koefisien determinasi (KD), dimana dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 17,64%. Hasil pengujian hipotesis statisktik menggunakan pengujian uji t yang menghasilkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil perhitungan nilai t hitung > t tabel yaitu 11,580 > 1,661. Hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap minat belajar sejarah siswa SMA Negeri 4 Poso dengan pengaruh sebesar 17,64% sedangkan sisanya 82,36% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Minat Belajar. |