JudulPENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA DI KELAS XI IPS MAN 1 KOTA PALU |
Nama: MOH. AFRIZALDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Afrizaldi 2022. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Pada Siswa di Kelas XI IPS MAN 1 Kota Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Mutawakkil, S.Ag., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Pada Siswa di Kelas XI IPS MAN 1 Kota Palu? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui apakah game online memiliki pengaruh terhadap Motivasi belajar siswa di kelas XI IPS MAN 1 Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan sumber dan jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu Observasi, Wawancara, kuisioner, angket dan Dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan empat tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskritif secara interaktif bolak balik diantara kegiatan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi selama waktu penelitian. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh game online terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa di kelas XI IPS MAN 1 Kota Palu. Kata Kunci: Game Online, Pengaruh, dan Motivasi. |