JudulSTRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENANAMKAN NILAI PATRIOTISME PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: Artono |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Artono, 2019. Strategi Guru Sejarah dalam Menanamkan Nilai Patriotisme Pada Siwa Kelas X di SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Charles Kapile, dan Pembimbing (2) Nuraedah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru sejarah menanamkan nilai patriotisme pada siwa kelas X SMA Negeri 4 Palu, 2) Bagaimana strategi guru dalam melaksanakan nilai-nilai patriotisme pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu, 3) Bagaimana strategi guru dalam mengevaluasi siswa pada penanaman nilai patriotisme siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu. Adapun tujuan dari penelitian ini 1) Mendeskripsikan strategi guru sejarah dalam menanamkan nilai patriotisme pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu, 2) Menguraikan strategi guru dalam melaksanakan nilai-nilai patriotisme pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu, 3) Menguraikan strategi guru dalam mengevaluasi siswa pada penanaman nilai patriotisme siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam menanamkan nilai patriotisme pada peserta didik guru sejarah memiliki strategi khusus berupa 1) Pada penanaman nilai patriotisme guru sejarah di SMA Negeri 4 Palu memilih menggunakan serangkaian strategi pembelajaran meliputi strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengolahan. 2) Pada pelaksanaan penanaman nilai patriotisme guru sejarah di SMA Negeri 4 Palu memili strategi dengan melaksanakan penanaman nilai patriotisme didalam dan di luar kelas. 3) Evaluasi yang dilakukan guru sejarah di SMA Negeri 4 Palu secara umum menggunakan teknik evaluasi dengan pedoman kurikulum 2013 yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Kata Kunci: Guru Sejarah, Strategi, dan Nilai Patriotisme. |