JudulStrategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di Madrasah Aliyah Darud Da'wah Wal Irsyad Son |
Nama: TAMZIL |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membahas : (1) Bagaimana kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran sejarah di MA DDI Soni, dan (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di MA DDI Soni. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di Madrasah Aliyah DDI Soni didasari dengan tidak maksimalnya sarana belajar mengajar dalam sekolah seperti buku serta proyektor (in focus) yang seharusnya dapat menjadi pembantu agar proses pembelajaran menyenangkan dan memiliki kualitas. Selain itu kendala karena sarana pembelajaran ini tidak menjadi hal utama, kualitas siswa dengan minat belajar yang sangat beragam juga turut memberikan kesulitan kepada guru mata pelajaran sejarah untuk memaksimalkan pembelajaran sejarah dikarenakan kondisi siswa yang beragam dalam kelas, seperti tidak focus, bermain, dan yang terparah seperti kehilangan minat untuk mempelajari pelajaran sejarah dalam kelas. (2) Strategi yang dilakukan oleh guru sejarah di Madrasah Aliyah DDI Soni adalah dengan melakukan metode mendikte, hal ini ditempuh oleh guru sejarah sebagai bentuk upaya agar siswa memiliki catatan yang dapat dipelajari kembali oleh siswa dirumah, hal ini dikarenakan guru melihat respon siswa dikelas yang menunjukan bahwa rendahnya minat belajar sejarah siswa membuat guru sejarah MA DDI Soni mengambil strategi Mendikte dalam mengajarkan pelajaran kepada siswanya agar siswa memiliki pegangan selain dari pada menyimak penyampaian guru dikelas. Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Belajar Siswa |