Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS 1 DI SMA NEGERI 1 BALAESANG
Nama: FEBRIANATI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Febrianati, 2022 stambuk A 311 15 024 yang berjudul skripsi “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 1 Di SMA Negeri 1 Balaesang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Hasan. M, Hum dan Pembimbing (II) Dr. Mahfud M Gamar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dikelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Balaesang yang berjumlah 34 orang”. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk essay dibuat oleh peneliti dan observasi aktivitas belajar siswa selama proses belajar berlangsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari data hasil observasi aktivitas Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 72,58?n presentase ketuntasan belajar siswa 58,82%, selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,82 dan 91,17% jumlah siswa yang hadir telah mencapai standar kriteria ketuntasan. Dimana peningkatan nilai kemampuan siswa antara siklus I ke siklus II adalah 14,70 dan 29,41% siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar. Aktivitas belajar siswa selama metode pembelajaran Brainstorming pada siklus I kurang mencapai standar minimal yang diharapkan 75%. Ketuntasan aktivitas siswa dalam belajar pada siklus I hanya 5 orang (14,70%) siswa untuk kriteria tidak aktif, 24 orang (70,58%) siswa untuk kriteria cukup aktif, 5 orang (14,70%) siswa untuk kriteria aktif dan untuk kriteria sangat aktif tidak ada. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi siswa untuk kriteria cukup aktif 10 orang (29,41%), siswa untuk kriteria aktif 21 orang (61,76%), siswa untuk kriteria sangat aktif 3 orang (8,82%) dan untuk siswa kriteria tidak aktif tidak ada. Maka berdasarkan indikator keberhasilan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pelaksanaan metode pembelajaran Brainstorming meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah di kelas XI IIS I SMA Negeri 1 Balaesang. Kata Kunci : Metode Brainstorming, Pelajaran Sejarah, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up