JudulPERAN GURU DAN SISWA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: ZIKRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Zikra, 2022. Stanbuk A 311 15 018 yang berjudul skripsi “Peran Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 7 Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Mahfud M, Gamar, M.Pd, Permasalahan dalam tulisan ini 1. Bagaimana Pengelolaan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 7 Palu, 2. Bagaimana Peran Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 7 Palu, 3. Bagaimana Faktor- Faktor Pendorong dan Penghambat Pengelolaan Lingkungan sekolah di SMP Negeri 7 Palu. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam tulisan ini adalah 1. Untuk menjelaskan pengelolan lingkungan sekolah di SMP Negeri 7 Palu. 2. Untuk menjelaskan peran guru dan siswa dalam pengelolaan lingkungan sekolah di SMP negeri 7 Palu. 3. Untuk menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat pengelolaan lingkungan sekolah di SMP Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 6 orang guru, dan 12 orang siswa di SMP Negeri 7 Palu. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Cara pengambilan data ini dilakukan dengan cara: obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen yang peneliti gunakan berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Peneliti menganalisis data dengan melakukan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan /verivikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Pengelolaan lingkungan sekolah di SMP Negeri 7 Palu Palu yang dilakukan meliputi: pemeliharaan gedung dan lingkungan sekolah,membuang sampah pada tempatnya dan daur ulang sampah, penanaman pohon atau penghijauan dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. .2. Peran guru dan siswa dalam pengelolaan lingkungan skolah di smp negeri 7 palu menanamkan kebersihan lingkungan di antaranya: memberikan nasihat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah, kebersihan kelas dan halaman sekolah dan membiasakan menyiram tanaman serta menumbuhkan minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan daur ulang. 3. Faktor-faktor pendukung dan penghambat di lingkungan sekolah di smp negeri 7 palu yaitu SMP Negeri 7 Palu berkebolarsi dengan pihak luar yang terkait dengan pemanfaatan sampah salah satunya adalah perusahaan CPM ( Citra Peduli Mineral) mereka sudah memberikan bantuan alat mesin pencaca pengiling sampah baik sampah daun maupun sampah bahan-bahan kecil sedangkan faktor penghambat yaitu masih ada siswa yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan sekolah. Kata Kunci: Peran Guru, Peran Siswa, Pengelolan Lingkungan Sekolah ABSTRACT Zikra. 2022. The Role of Teachers and Students in SMP Negeri 7 Palu School Environment Management. Skripsi. History Education Study Program, Social Science Education Department, Teacher Training, and Education Faculty, Tadulako University. Under the supervision of Mahfud M. Gamar. The research problems are:1. What is the state of school environment management at SMP Negeri 7 Palu? 2. What roles do students and teachers play in managing the school environment at SMP Negeri 7 Palu? 3. What are the supporting and inhibiting factors for SMP Negeri 7 Palu school environment management? The goals of this research are as follows: 1. to describe the management of the school environment at SMP Negeri 7 Palu. 2. Teachers' and students' roles in managing the school environment at SMP Negeri 7 Palu. 3. factors that support and inhibit the management of the school environment at SMP Negeri 7 Palu. This type of investigation employs a qualitative methodology. This research involved one school principal, six teachers, and twelve SMP Negeri 7 Palu students. The researcher used primary and secondary data as the type and source of data. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation to gather this information. The researcher employed guidelines for observation and interviews as research instruments. Three steps comprised the data analysis procedure: data reduction, data display, and conclusions/data verification. According to the research results, management of the school environment at SMP Negeri 7 Palu Palu includes maintaining the school building and environment, removing trash and recycling waste, planting trees or reforestation, and keeping the school environment clean. 2. The role of teachers and students in managing the school environment at SMP Negeri 7 Palu promoting environmental cleanliness by, for example, providing advice on the significance of maintaining a clean school environment, class and schoolyard cleanliness, and becoming accustomed to watering plants, as well as cultivating students' interests and talents through recycling activities. 3. The supporting and inhibiting factors in the school environment at Palu 7 Public Middle School, specifically Palu 7 Public Middle School, are in harmony with outside parties relating to the use of waste, one of which is the CPM company (CITRA PEDULI MINERAL), which has assisted with a good waste crushing machine tool. There are still children who do not care about maintaining a clean school environment, which hinders the disposal of leaves and small-material debris. Keywords: teacher's role, student's role, management of the school environment |