JudulKETERKAITAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SAUSU |
Nama: Igung Prema Putra |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Igung Prema Putra, 2019. Keterkaitan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sausu. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Charles Kapile dan Pembimbing II Hj Junarti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah keterkaitan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sausu dan apa saja upaya yang dilakukan guru IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sausu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterkaitan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sausu dan menjelaskan upaya yang dilakukan guru IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sausu. Adapun lokasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sausu. Subjek dalam penelitian ini kelas VIII A, 2 orang guru IPS,dan 1 orang kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Sausu fasilitas belajar yang disediakan di sekolah tersebut masih sangat kurang sehingga, menyebabkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS masih sangat rendah. Kurang lengkapnya buku-buku pelajaran yang diperlukan sehingga menyebabkan siswa malas untuk belajar selain itu, keadaan kelas yang kurang baik juga sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa untuk belajar. Dilihat dari keadaan fasilitas belajar SMP Negeri 1 Sausu dimana masih kurangnya buku-buku penunjang pembelajaran seperti buku paket yang disediakan diperpustakaan sebagai penunjang proses pembelajaran IPS sehingga menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif sehingga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Begitu pula media yang disediakan untuk pembelajaran IPS masih sangat terbatas seperti atlas, globe, dan media infokus. Adapun upaya yang dilakukan guru IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara seperti: memberikan apresiasi, tugas tambahan (PR) , memberikan ulangan, memberikan angka, menggunakan alat media pembelajaran yang disediakan oleh sekolah atau membuat alat media sendiri dan menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar. Kata Kunci: Fasilitas Belajar; Motivasi Belajar. ? |