JudulHUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 POSO |
Nama: FARADILA LABASO |
Tahun: 2020 |
Abstrak HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 POSO ABSTRAK FARADILA LABASO (2019), HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 POSO. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti, M. Pd Penelitian ini membahas tentang hubungan media pembelajaran dengan minat belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Neegri 4 Poso, yang bertujuan untuk menganalisi hubungan media pembelajaran dengan minat belajar sejarah pada siswa kleas XI SMA Negeri 4 Poso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 4 Poso dengan Jumlah 68 siswa. Data media pembelajaran dengan minat belajar diperoleh dari penyebaran angket ke siswa. Menganalisi data tersebut digunakan perhitungan korelasi Product Moment pearson. Berdasarkan perhitungan korelasi product moment pearson ini pada media pembelajaran terhadap minat belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Poso diperoleh korelasi sebesar 0,893. Hasil dari koefisien korelasi tersebut berada pada kategori 0,800-1,00, hal ini menunjukan bahwa tingkat hubungan media pembelajaran dengan minat belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 poso adalah sangat kuat. Hasil pengujian hipotesis menggunakan pengujian uji t yang menghasilkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil perhitungan nilai t hitung > t tabel yaitu 15,4322>1,997. Hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara media pembelajaran dengan minat belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Poso. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Minat Belajar, dan SMA Negeri 4 Poso |